Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap II

MELANESIA POST

Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap II

Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah
Belajar Microsoft Excel 2007
Belajar Komputer - Seperti janji Saya pada update sebelumnya, kali ini Saya akan kembali melanjutkan Tutorial mengenai Cara Belajar Microsoft Excel 2007 Mudah dan Cepat. Setelah pada update sebelumnya sudah dibahas mengenai Cara Memulai Microsoft Excel 2007, maka pada tutorial kali ini akan Kita bahas mengenai Pengenalan Microsoft Excel 2007 Lanjutan (Memulai Microsoft Excel, Lingkungan Kerja Microsoft Excel, Tipe-tipe Data, Workbook/Buku Kerja dan Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007). Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 ini bisa Anda dapatkan secara GRATIS (alias g bayar), cukup dengan buka komputer/laptop, tablet atau smartphone Anda dan langsung akses blog Belajar Komputer.

Sebelumnya Saya minta maaf kepada Sahabat Blogger pengunjung setia blog kecil ini karena baru sempat update lagi setelah beberapa minggu vakum untuk update blog, ya biasalah dikarenakan beberapa kesibukan di dunia nyata, sampai-sampai g sempat untuk update blog lagi, Alhamdulillah pada kesempatan ini bisa update kembali dan melanjutkan posting Tutorial Belajar Microsoft Excel 2007 Lengkap yang sempat tertunda beberapa minggu. 

Baik tanpa harus panjang lebar ceritanya, langsung aja deh Kita bahas poin per poin materi tentang Cara Belajar Microsoft Excel 2007 agar bisa lebih Mudah dan Cepat. Berikut beberapa tahapan agar menggunakan Microsoft Excel bisa jauh lebih mudah.

Beberapa Tahapan Awal Menggunakan Microsoft Excel 2007

Memulai Microsoft Excel 

    Seperti sudah dibahas pada update sebelumnya mengenai Cara Memulai Microsoft Excel, Ada beberapa cara untuk memulai Microsoft Excel, berikut adalah salah satu cara yang paling sering digunakan.
    • Klik Start, pilih Program.
    • Cari menu item Microsoft Office 2007, kemudian klik Microsoft Excel.
    • Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman kerja Microsoft Excel 2007.

Lingkungan Kerja Microsoft Excel

    Untuk bekerja secara optimal dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.
    Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
    Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
    Bagian
    Penjelasan
    Judul Window
    Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
    Office Button
    Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.
    Tab Sistem Menu
    Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
    Ribbon
    berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
    Penggulung Sheet
    Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulung sheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihat sheet yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
    Baris Formula
    Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
    · Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
    · Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
    · Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
    Judul Kolom
    Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.
    Nomor Baris
    Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
    Baris Status
    Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
    Tab Sheet
    Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).
    Penunjuk Sel
    Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

Tipe-tipe Data

    Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan formula.
    Label      :
    Atau string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.
    Numerik :
    Data yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.
    Formula :
    Merupakan perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.

    Contoh Tipe Data Microsoft Excel
    Contoh Tipe Data Microsoft Excel
    Untuk mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe label. Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai B4).  Data terakhir ini beritipe formula. Nah sekarang sudah tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label, Numerik dan Formula.

Workbook (Buku Kerja) 

    Pada saat memulai Microsoft Excel, secara standar (default) Microsoft Excel memunculkan sebuah buku kerja (workbook) baru bernama Book1, agar Kita dapat melakukan berbagai aktivitas pada lembar kerja (worksheet). Walaupun demikian, bila diperlukan Kita dapat melakukan beberapa hal berkaitan dengan buku kerja tersebut antara lain :

    • Membuat Buku Kerja (Workbook)

      Untuk membuat workbook, caranya sangat mudah sekali, tinggal Klik Office Button pilih New, nanti akan muncul tampilan baru pada area Blank And Recent pilih Blank Workbook baru klik di area Create di pojok kanan bawah, maka Anda sudah berhasil membuat lembar kerja baru, sedangkan jika Anda ingin lebih cepat lagi tinggal tekan kombinasi tombol CTRL+N maka workbook baru akan langsung terbuka.

    • Menyimpan Buku Kerja

      Worksheet yang telah dibuat perlu disimpan untuk dapat digunakan di kemudian hari. Untuk menyimpan Workbook, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
      1. Klik Office Button, kemudian pilih Save. Kotak dialog save as akan muncul seperti gambar di bawah ini.
      2. Kotak Dialog Save As Microsoft Excel
        Kotak Dialog Save As Microsoft Excel
      3. Tentukan tempat penyimpanan data anda pada Combo Box Save In bagian atas.
      4. Beri nama file pada kotak isian File Name.
      5. Klik tombol Save, untuk mengakhiri penyimpanan
Note: Save as type menyatakan format file. Ini berarti anda dapat menyimpan data anda dengan format selain Microsoft Excel. Hal ini penting bila anda ingin mengolah data di Microsoft Excel, tetapi memperbaiki atau mencetaknya di program spreadsheet yang lain (misalnya Versi Excel 1997 - 2000, Lotus, Quatro Pro dll).

    • Menutup Buku Kerja

      Untuk menutup workbook anda dapat menggunakan Office Button kemudian dilanjutkan dengan memilih Close. Seringkali muncul pesan sebagai berikut :
Kotak Dialog Penyimpanan MS Excel
Kotak Dialog Penyimpanan MS Excel

Pertanyaan tersebut berarti ada sebagian atau seluruh data yang anda buat belum disimpan. Ada tiga pilihan, yaitu Yes berarti anda menyimpan perbaikan atau perubahan Worksheet yang anda buat, No menyatakan tidak menyimpan, dan Cancel berarti anda tidak jadi menutup Workbook tersebut.

    • Membuka Kembali Buku Kerja

      Workbook yang telah disimpan dapat ditampilkan kembali untuk diedit atau dicetak kapan saja. Membuka workbook dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 
      1. Klik Office Button kemudian diteruskan dengan memilih Open. Maaka Kotak dialog membuka Workbook akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
      2. Kotak Dialog Membuka Workbook
        Kotak Dialog Membuka Workbook


      3. Pilih nama file yang akan dibuka, kemudian klik Open.
Note: Jika file tidak ada, cari lokasi penyimpanannya pada kotak Look in: kemudian klik Directories atau Drives, di mana file yang akan dibuka berada.

Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007

Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Bila muncul pesan bahwa workbook tersebut belum disimpan, gunakan prosedur yang yang sudah dijelaskan diatas.

Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap II,
Diberdayakan oleh Blogger.